Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Praktis

Ads by Google
Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon ini adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Medan. Tapi sekarang makanan ini sudah tersebar ke seluruh nusantara sehingga anda dapat mudah menemukan kue ini di daerah anda. Makanan ini biasanya banyak dijual di pasar tradisional ataupun warung pinggir jalan. Rasanya yang enak dan lezat memang membuat kue bika ambon ini banyak diminati di berbagai kalangan masyarakat. Anak-anak pun banyak yang menyukai kue ini untuk cemilan, daripada anak-anak memakan jajanan yang kurang sehat diluar sana mending dibuatkan kue bika ambon ini sendiri di rumah agar bisa menjadi cemilan sehari anak-anak.

Resep cara membuat bika ambon ini cukup mudah dan praktis jadi anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Cocok untuk cemilan sehari-hari di rumah anda. Bahan tepung terigu pada kue bika ambon ini tentunya juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh anda, selain itu mengandung banyak protein yang baik juga untuk tubuh anda. Nah, langsung aja yuk kita bahas cara membuat kue bika ambon praktis selengkapnya di bawah ini.
Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Praktis

Resep Kue Bika Ambon Praktis

Bahan-bahan Kue Bika Ambon :
200 gr tepung sagu
300 gr gula pasir
8 kuning telur
½ sdt vanilli
½ sdt kulit jeruk purut, parut
15 lembar daun jeruk purut
350 ml santan kental
½ sdt garam
½ sdt pewarna kuning
minyak goreng untuk memoles cetakan

Bahan Biang Membuat Kue Bika Ambon :
15 gr ragi instant
20 gr gula pasir
15 gr tepung terigu
75 ml air

Cara Membuat Kue Bika Ambon Praktis :

1. Pertama buat adonan biang terlebih dahulu dengan cara campur semua bahan biang yang sudah disiapkan tadi. Lalu diamkan selama 25 menit.
2. Campur santan, garam, dan jeruk purut lalu rebus hingga mendidih sambil diaduk pelan-pelan agar tidak pecah.
3. Kocok kuning telur ditambah gula pasir hingga larut. Lalu masukkan tepung sagu, kulit jeruk purut yang sudah diparut, vanilli, dan pewarna kuning makanan. Aduk hingga adonan bercampur rata. Diamkan adonan selama kurang lebih 3 jam.
4. Panaskan cetakan yang sudah diolesi minyak, kemudian tuang adonan yang sudah dibuat tadi ke dalamnya.
5. Panggang adonan dalam open dengan api bawah, dan biarkan pintu oven tetap terbuka hingga gelembung adonan berhenti.
6. Matikan oven bagian bawah, kemudian nyalakan oven bagian atas lalu biarkan dipanggan hingga matang berwarna kuning kecoklatan.
7. Setelah matang angkat adonan, lalu keluarkan dari cetakan. Kemudian dinginkan. Nah, Kue Bika Ambon pun siap disantap.


Demikian yang bisa saya bahas tentang  Resep Cara Membuat Kue Bika Ambon Praktis di Haniqaseh Blog kali ini. Dapatkan lebih banyak resep makanan Indonesia hanya di blog http://haniqaseh.blogspot.com/. Semoga bermanfaat untuk anda.
Ads by Google


Ikuti kami di Twitter untuk Informasi yang lebih menarik lagi!!
=>>