1001 Resep Cara Membuat Nasi Kuning Komplit

Ads by Google
Resep Nasi Kuning - Nasi kuning biasanya digunakan untuk acara syukuran bagi budaya turun temurun adat jawa. Nasi dengan warna kuning dari kunyit ini memang enak rasanya, gurih rasanya yang khas membuat banyak orang menyukainya. Berbeda dengan nasi goreng dengan warna merahnya dari cabe, nasi kuning ini warna kuning berasal dari kunyit yang menghasilkan rasa yang khas. Nah, langsung saja kali ini saya akan berbagi Cara Membuat Nasi Kuning untuk kalian semuanya. Simak baik-baik ya.
1001 Resep Cara Membuat Nasi Kuning Komplit

Resep Nasi Kuning Komplit


Bahan-Bahan Nasi Kuning:
Beras1 1/2 cangkir
Kunyit2 cm
Kemiri/Candlenut2 buah
Bawang putih2 siung
Bawang merah4 buah
Sereh/Lemongrass4 batang
Cengkeh2 buah
Daun salam2 lembar
Santan kental100 ml
Air

Cara Membuat Nasi Kuning Komplit:

1. Haluskan kunyit, kemiri, bawang merah, dan bawang putih. Lalu tumis hingga harum, tambahkan santan kental masak hingga mendidih.
2. Masukkan santan bumbu ke dalam beras. Saring untuk mengambil air tanpa ampasnya. Tambahkan sereh, cengkeh dan daun salam, aduk rata
3. Tambahkan air hingga mencapai seujung jari dari permukaan beras. Masak hingga air meniris. Jangan lupa diaduk supaya tidak berkerak bawahnya
4. Kukus kurang lebih 15 menit atau hingga matang. Sebenarnya bisa juga menggunakan rice cooker tapi saya belum pernah coba sehingga tidak tahu bagaimana caranya, hasilnya dan dan dampaknya pada rice cookernya tongue wink.
5. Sajikan nasi kuning bersama pelengkap. Pelengkap di foto ini ada telur dadar, tempe kering belado, daging bumbu kecap, dan kerupuk udang. Nah, nasi kuning pun siap untuk disantap.

Nah, itulah 1001 Resep Cara Membuat Nasi Kuning Komplit yang bisa saya bahas di Blog Haniqaseh ini. Tetap kunjungi terus blog  http://haniqaseh.blogspot.com/ ya, karena blog ini akan membahas lebih banyak lagi Resep Masakan Indonesia yang lainnya. Semoga bermanfaat.
Ads by Google


Ikuti kami di Twitter untuk Informasi yang lebih menarik lagi!!
=>>