Resep Cara Membuat Kue Serabi Solo Spesial

Ads by Google
Resep Cara Membuat Kue Serabi Solo - Serabi adalah salah satu kue khas Indonesia. Kue satu ini berasal dari kota solo, dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue berbahan dasar tepung beras ini memiliki tekstur yang lembut dengan dibalut gurihnya santan di dalamnya. Konon katanya kue ini adalah kue spesial orang kerajaan pada zaman dulu, seiring berjalannya waktu khalayak luar pun juga sudah bisa menikmati lezatnya kue satu ini. Nah, kali ini di Haniqaseh Blog kami akan membahas resep kue serabi solo sebagai referensi anda membuat kue. Simak baik-baik ya.

Resep cara membuat kue serabi solo ini sebenarnya tidak sulit, hanya membutuhkan kesabaran dalam membuatnya untuk mendapatkan rasa yang memuaskan. Di solo sendiri kue satu ini cukup dikenal di daerah notosuman, daerah ini terdapat salah satu produsen pembuat serabi yang cukup terkenal. Bahkan kebanyakan orang menyebut kue ini dengan sebutan serabi notosuman. Oke langsung saja yuk kita bahas cara membuat kue serabi selengkapnya dibawah ini.
Resep Cara Membuat Kue Serabi Solo Spesial

Resep Kue Serabi Solo


Bahan-bahan Membuat Kue Serabi Solo:
250 gram tepung beras
675 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
3/4 sendok teh ragi instan
2 lembar daun pandan
60 gram gula pasir
2 tetes pewarna makanan hijau tua

Bahan Isi Kue Serabi :
75 gram kelapa muda, kerok panjang
5 buah nangka, potong kotak kotak kecil

Bahan areh (kuah) :
200 ml santan dari 2 butir kelapa
4 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Serabi Solo Spesial :

1. Rebus santan bersama daun pandan, garam dan pewarna hijau tua sambil diaduk terus sampai mendidih. Kemudian angkat, lalu dinginkan.
2. Campur tepung beras, gula pasir, dan ragi instan, kemudian tuang rebusan santan yang sudah dingin tadi ke dalamnya. Lalu aduk hingga rata.
3. Keplok-keplok adonan agar adonan benar-benar tercampur merata sambil tambahkan sisa santan sedikit demi sedikit sekitar 20 menit hingga adonan benar-benar halus.
4. Sekarang kita membuat areh (kuah). Pertama rebus santan, daun pandan, dan garam dan aduk hingga mengental. Kemudian sisihkan.
5. Panaskan wajan khusus untuk membuat serabi yang ukuran kecil, kemudian tuang adonan serabi ke wajan yang sudah panas. Lalu tekan bagian tengah dan ratakan adonan hingga bulat merata pada wajan.
6. Setelah adonan serabi berbusa lalu tambahkan taburan bahan isi.
7. Setelah matang, angkat serabi ke dalam wadah kemudian oleskan areh. Nah, kue serabi solo spesial pun siap dinikmati.

Demikian yang bisa saya bagikan tentang Resep Cara Membuat Kue Serabi Solo Spesial di Haniqaseh Blog kali ini. Dapatkan lebih banyak resep makanan Indonesia hanya di blog http://haniqaseh.blogspot.com/. Semoga bermanfaat untuk anda.
Ads by Google


Ikuti kami di Twitter untuk Informasi yang lebih menarik lagi!!
=>>